Visi dan Misi

A. Visi dan Misi Satuan Polisi Pamong PrajaKab. Murung Raya

Visi Satuan Polisi Pamong Praja dirumuskan dengan memperhatikan visi Kepala Daerah yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ) Kabupaten Murung Raya Tahun 2008 – 2013 yaitu
Terwujudnya kemerdekaan rakyat yang sesungguhnya bebas dari Kemiskinan, Kebodohan, dan Keterisolasian menuju Murung Raya yang maju, unggul, sejahtera, dan bermartabat”.

Keamanan dan Ketertiban Umum yang berkualitas :

Keamanan dan Ketertiban Umum dapat dikatakan berkualitas apabila memenuhi beberapa kriteria, dalam kerangka visi tersebut di atas ditetapkan tiga kriteria sebagai berikut :
• Berbasis kondisi lokal : Pengamanan dan ketertiban umum didasarkan pada potensi lokal dan bertujuan untuk menjawab dan menyelesaikan permasalahan dan kebutuhan lokal. Hal ini dimaksudkan agar Keamanan dan Ketertiban Umum akomodatif terhadap dinamika dan aspirasi masyarakat, sehingga secara efektif dan efisien dapat mewujudkan visi daerah yaitu mewujudkan masyarakat mandiri dan kompetitif.
• Mendukung pengamanan dan ketertiban umum: Keamanan dan Ketertiban Umum harus tetap pada kerangka dan arah pengamanan dan ketertiban umumnasional guna mendukung tercapainya tujuan Keamanan dan Keteriban serta dalam penegakan PERDA l.
• Akomodatif terhadap dinamika global :

Keamanan dan Ketertiban Umum dilandaskan pada kerangka berpikir global dan bertindak untuk kepentingan lokal (think globally act locally). Hal ini dimaksudkan bahwa Keamanan dan Ketertiban Umum dapat memberikan arah yang tepat bagi proses dalam penegakan PERDA sehingga mampu meningkatkan kapasitas daerah dan masyarakat menghadapi arus globalisasi.

Keamanan dan Ketertiban Umum yang Partisipatif :

Proses pengamanan dan ketertiban umumharus mampu mengakomodir secara obyektif berbagai kebutuhan dan aspirasi masyarakat agar dapat menghasilkan konsensus bersama menuju perubahan yang lebih baik dan diterima oleh semua pihak. Oleh karena itu dalam setiap pengambilan keputusan memerlukan keterlibatan masyarakat. Partisipasi aktif tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan dampak positif terhadap Keamanan

dan Ketertiban serta dalam penegakan PERDA . Sebaliknya apabila partisipasi masyarakat
diabaikan sedangkan mobilisasi masyarakat yang dikembangkan, proses
Keamanan dan Keteriban serta dalam penegakan PERDA akan terhambat bahkan akan mengalami kegagalan, karena masyarakat kurang merasa memiliki hasil-hasil Keamanan dan Keteriban serta dalam penegakan PERDA .

Keamanan dan Ketertiban yang Akuntabel :

Dalam proses menjalankan ketertiban dan keamanan wilayah/Daerah perencanaan serta operasional dilakukan dengan terukur, baik secara kuantitas maupun kualitas, sehingga memudahkan dalam pengendalian. Akuntabillitas juga berarti menyelenggarakan perhitungan ( account ) terhadap Ketertiban dan keamanan yang sudah dijalani selama ini.
Sistem Keamanan dan ketertiban umum maka harus bersifat menyeluruh, sehingga mampu dapat membangun sistem pengamanan dan ketertiban dengan pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, dan top down-bottom up.acc

Pendekatan Politik:

Pendekatan ini memandang bahwa proses keamanan dan ketertiban erat kaitannya dengan proses politik. yang dilakukan pemerintah akan berisi rencana strategis pemerintahan yang akan berlangsung selama masa kerjanya. Dengan demikian rencana yang dibuat sifatnya menjadi sebuah dokumen politis yang akan menjadi bahan evaluasi kinerja pemerintah bersangkutan.
Pendekatan Teknokratik:

Dilaksanakan dengan menggunakan metode dan kerangka berpikir ilmiah oleh lembaga atau satuan kerja yang secara fungsional bertugas untuk melakukan Penertiban dan menjaga Keamanan serta penegakan PERDA.acc

Pendekatan Partisipatif:

Dilaksanakan dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan (stakeholders) terhadap Keamanan dan Keteriban serta dalam penegakan PERDA . Dengan demikian pendekatan partisipatif mensyaratkan adanya partisipasi aktif dari masyarakat untuk turut serta menentukan pengamanan dan ketertiban umumdalam sebuah hubungan yang didasarkan pada bentuk-bentuk
kemitraan dengan pemerintah. Melibatkan masyarakat secara langsung akan membawa kontribusi positif dalam proses pengamanan dan ketertiban umumitu sendiri, sehingga terhindar dari peluang terjadinya manipulasi karena akan memperjelas apa yang sebetulnya dikehendaki oleh masyarakat, memberi nilai tambah pada legitimasi perumusan dan meningkatkan kesadaran masyarakat.



Pendekatan Top Down-Bottom Up :

Dilakukan menurut jenjang pemerintahan dari bawah ke atas ( bottom up ) dianggap sebagai pendekatan yang seharusnya diikuti karena dipandang sebagai kebutuhan nyata. dari atas ke bawah ( top down ) adalah pendekatan
yang menerapkan cara penjabaran rencana induk ke dalam rencana rinci. Rencana rinci yang berada “ di bawah “ adalah penjabaran rencana induk yang berada “ di atas “. Proses berjenjang diharapkan dapat mempertajam analisis diberbagai tingkat. Dengan demikian, dari “ atas ke bawah “ yang memberikan gambaran tentang perkiraan-perkiraan dan kemungkinan-kemungkinan yang ada diinformasikan secara berjenjang sehingga proses “ dari bawah ke atas “ diharapkan sejalan dengan “ dari atas ke bawah “, begitu pula sebaliknya, “ dari atas ke bawah “ juga harus memperhatikan “ dari bawah ke atas “ yang merupakan identifikasi kebutuhan riil masyarakat.
Polisi Pamong Praja sebagai SATUAN berperan sebagai pelaksana,
Visi dijabarkan lebih lanjut ke dalam misi yang akan menjadi tanggung jawab Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Murung Raya. Dengan pernyataan misi diharapkan seluruh anggota organisasi dan pihak yang berkepentingan dapat mengetahui dan mengenal keberadaan serta peran instansi pemerintah dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan. Oleh karena itu Misi Satuan Polisi Pamog Praja Kabupaten Murung Raya dirumuskan sebagai berikut :

a. Mewujudkan Masyarakat Murung Raya yang Tertib dan Aman.
b. Mewujudkan Masyarakat Murung Raya yag Berkesadaran Hukum dan Lingkungan.
c. Mewujudkan Masyarakat Murung Raya Bebas dari Kemiskinan, Kebodohan dan Keterbelakangan.
d. Mewujudkan Masyarakat Murung Raya Yang Mampu Dalam Meningkatkan Segala Kualitas Kehidupan.

Masukkan alamat email kamu disini:

Posting Keren Lainnya : Bloggeron

0 komentar:

:f :D :x B-) b-( :@ x( :? ;;) :-B :| :)) :(( =(( :s :-j :-p :-o :-g :-x

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.